Menjadi Cerdas dengan Membaca dan Belajar

Mengenal Node (Jaringan)

0 4

Node (Latin nodus, ‘simpul’) adalah salah satu titik sambungan, titik redistribusi, atau titik akhir komunikasi (beberapa terminal peralatan). Definisi node tergantung pada jaringan dan protokol lapisan tersebut. Sebuah node jaringan fisik adalah aktif perangkat elektronik yang terpasang ke jaringan, dan mampu membuat, menerima, atau mengirimkan informasi melalui saluran komunikasi. Sebuah pasif titik distribusi seperti frame distribusi atau panel patch akibatnya tidak node.

Node Jaringan Komputer

Dalam komunikasi data, node jaringan fisik dapat berupa sebuah peralatan komunikasi data (DCE) seperti modem , hub , bridge atau beralih ; atau peralatan terminal data yang (DTE) seperti handset digital telepon, printer atau komputer host , misalnya router, workstation atau server.

Jika jaringan yang dimaksud adalah LAN atau WAN , setiap LAN atau WAN simpul (yang setidaknya lapisan data link perangkat) harus memiliki alamat MAC , biasanya satu untuk setiap antarmuka pengendali jaringan yang dimilikinya. Contohnya adalah komputer, switch paket, xDSL modem (dengan antarmuka Ethernet) dan LAN nirkabel jalur akses. Perhatikan bahwa hub merupakan simpul jaringan fisik, tapi bukan merupakan node jaringan LAN, karena jaringan hubbed logis adalah jaringan bus . Analog, repeater atau modem PSTN (dengan antarmuka serial) adalah node jaringan fisik tetapi tidak node LAN dalam pengertian ini.

Jika jaringan yang dimaksud adalah Internet atau Intranet, banyak node jaringan fisik komputer host , juga dikenal sebagai node Internet, diidentifikasi oleh alamat IP, dan semua host node jaringan fisik. Namun, beberapa lapisan datalink perangkat seperti switch, jembatan dan WLAN jalur akses tidak memiliki alamat IP host (kecuali kadang-kadang untuk tujuan administratif), dan tidak dianggap node Internet atau host, tapi node jaringan sebagai fisik dan node LAN.

Node Jaringan Komunikasi

Dalam jaringan telepon tetap, node mungkin publik atau swasta pertukaran telepon , sebuah concentrator terpencil atau komputer menyediakan beberapa layanan jaringan cerdas . Dalam komunikasi seluler, poin dan database beralih seperti pengendali stasiun Basis , Home Location Register , Gateway GPRS Support Node (GGSN) dan Serving GPRS Support Node (SGSN) adalah contoh node. Jaringan selular BTS tidak dianggap node dalam konteks ini.

Dalam televisi kabel sistem (CATV), istilah ini telah diasumsikan konteks yang lebih luas dan umumnya terkait dengan serat optik simpul. Hal ini dapat didefinisikan sebagai rumah atau bisnis dalam area geografis tertentu yang disajikan dari serat optik umum penerima . Sebuah node serat optik umumnya dijelaskan dalam hal jumlah “rumah berlalu” yang dilayani oleh node serat tertentu.

Node sistem Terdistribusi

Jika jaringan yang dimaksud adalah sistem terdistribusi , node adalah klien , server atau rekan-rekan . Sebuah rekan kadang-kadang berfungsi sebagai client, kadang-kadang Server. Dalam rekan peer-to- atau jaringan overlay , node yang aktif rute data untuk perangkat jaringan lain serta diri mereka sendiri disebut supernodes.

Sistem terdistribusi kadang-kadang dapat menggunakan node virtual sehingga sistem ini tidak menyadari heterogenitas node. Masalah ini diatasi dengan algoritma khusus, seperti hashing konsisten

 

 

Artikel Terkait
Komentar
Loading...